3 Trik Ringkas Cara Membuat Gambar Transparan di Word

Mengedit dokumen di Microsoft Word bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain mengubah format, tulisan, dan warna, ternyata kita juga bisa membuat gambar transparan. Misalnya, sebagai watermark agar karya kita tidak mudah diplagiasi atau diklaim atau sebagai desain halaman novel.

Nah, jika belum pernah melakukannya, bagaimana cara membuat gambar transparan di Word? Tenang, contoh-contoh di bawah ini mudah untuk diikuti. Jangan lupa, perhatikan dulu platform yang mau digunakan. Setiap platform mempunyai fitur yang mungkin sedikit berbeda. Cara yang harus ditempuh juga pasti berbeda.

Untuk membuat gambar transparan di Microsoft Word memang bisa mengandalkan jasa profesional. Namun, bagaimana bila kamu tidak mempunyai dana yang cukup? Bagaimana bila kamu harus melakukan semuanya sendiri? Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai belajar memanfaatkan fitur-fitur di Microsoft Word yang tadinya belum kamu pahami. Luangkan waktu untuk belajar dan latihan menggunakannya agar lebih luwes dalam bekerja.

3 Trik Ringkas untuk Cara Membuat Gambar Transparan di Microsoft Word:

Cara Membuat Gambar Transparan di Word
Sumber : Petunjuk

Jadi, bagaimana cara membuat gambar transparan di Word? Nah, bila dari website Microsoft sendiri, sebenarnya ada dua cara untuk menciptakan gambar transparan di Microsoft Word. Yang pertama adalah dengan menggunakan Microsoft Word 365, sementara yang kedua adalah dengan memakai Microsoft Word versi lain. Mari kita simak satu-persatu di sini:

1. Dengan Microsoft 365

Keuntungan dari menggunakan Microsoft Word 365 adalah fitur-fitur yang saling terkoneksi sehingga dapat mempermudah kamu saat bekerja. Misalnya: dokumen Word yang bisa langsung di-share selesai pengerjaan, selama sudah disimpan.

Bagi yang menggunakan Microsoft 365, inilah cara membuat gambar transparan di Word:

  • Buat outline atau bentuk gambarnya terlebih dahulu. Sisakan jarak yang cukup agar gambar yang mau dipasang di dalamnya sebagai isi tidak melenceng keluar dari outline.
  • Isilah outline tersebut dengan gambar yang mau digunakan.
  • Sesuaikan transparansi gambar. Fungsi outline juga sebagai pembatas agar gambar yang dibuat transparan tidak akan sampai keluar garis, sehingga menyebabkan garis ikut terkena efek transparan.
Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka di Word dan Kaidah Penulisan yang Tepat

2. Dengan Microsoft Word Versi Lain

Tidak punya Microsoft 365? Tidak masalah. Kamu juga bisa menciptakan gambar transparan di Microsoft Word versi lain. Microsoft Word versi selain 365 memang banyak digunakan alias ‘software sejuta umat’. Baik anak sekolah maupun orang kantoran, pasti banyak yang familiar dengan Microsoft Word.

Jadi, bagaimana cara membuat gambar transparan di Word dengan Microsoft Word biasa? Caranya adalah seperti ini:

  • Pilihlah menu Insert > Shape. Kamu akan diberikan pilihan berbagai bentuk untuk dijadikan sebagai outline atau garis bentuk gambar.
  • Setelah memilih outline berupa bentuk gambar yang mau digunakan, buat gambar dengan ukuran yang pas di bagian dalam outline tersebut.
  • Klik kanan di gambar, sebelum memilih Outline > No Outline.
  • Lakukan klik kanan pada gambar yang sama sekali lagi. Setelah itu, klik pilihan Format Shape.
  • Sesudah itu, klik ikon Fill serta Picture or Texture Fill untuk mengisi bentuk gambar dengan gambar.
  • Pastikan gambar yang dipilih sudah berada di dalam File komputer. Setelah klik File, pilihlah file gambar yang diinginkan dan tekan Insert untuk menambah gambar tersebut.
  • Langkah berikutnya adalah menggeser gambar ke tab Transparency pada panel Format Shape.
  • Tingkat transparansi atau keburaman gambar juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya: Kamu memasukkan angka 0 di kotak samping slider untuk tingkat keburaman maksimal. Untuk transparansi total, setting default di kotak slider adalah 100 persen.

Ini dua hal yang patut diketahui dalam cara membuat gambar transparan di Word versi lain:

  • Hanya ada satu warna yang bisa diatur untuk menjadi transparan. Yang jadi masalah, hasilnya akan kacau bila gambar terlalu rumit dan mempunyai beragam warna dan nuansa. Bila gambar semacam ini yang dipakai, saatnya beralih ke fitur Dedicated Photo Editor untuk penanganan ekstra.
  • Sayang sekali, kamu tidak dapat memakai semua tools yang ada bila kamu memasukkan (insert) gambar sebagai isian dalam outline (bentuk).
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Garis Hijau di Word

3. Dengan Menghapus Background Tool

Sayangnya, cara ini juga kurang efektif bila kamu ingin mengatur beberapa warna agar menjadi transparan sebagai latar belakang gambar. Hadirnya Background Tool juga dapat mengganggu proses transparansi warna pada gambar sehingga cara ini harus ditempuh. Jangan sampai hasil gambar menjadi kacau karenanya.

Untuk cara membuat gambar transparan di Word dengan menghapus background tool, beginilah caranya:

  • Bukalah laman dokumen Microsoft Word dan masukkan gambar

Buka laman dokumen Microsoft Word. Untuk memasukkan gambar, tekan ‘insert’ dan masukkan gambar yang sudah dipersiapkan. Setelah itu, klik tombol Picture sebelum memilih Highlight.

  • Masuk ke Image Editing Tools di Microsoft Word

Cek bagian atas menu Microsoft Word. Cari tab Additional sebelum mengeklik Picture Format. Cara ini akan membantu kamu untuk mengakses Image Editing Tools yang terdapat pada Microsoft Word.

Nah, setelah itu, barulah kamu bisa menghapus Background Tool. Cara ini dapat membantu kamu agar lebih leluasa dalam membuat gambar transparan di Microsoft Word.

Kesimpulan:

Membuat gambar transparan memang butuh banyak latihan agar terbiasa, meskipun metodenya tidak sulit. Ada kebutuhan berupa presisi saat mengubah warna menjadi lebih transparan. Sebaiknya, kamu mempunyai mata yang sehat dan tidak menderita buta warna.

Nah, untuk cara membuat gambar transparan di Word, jangan lupa perhatikan platform yang digunakan. Baik Microsoft Word 365 maupun versi lain, semua mempunyai caranya masing-masing.

Leave a Comment