4 Cara Menengahkan Tulisan di Tabel Word dan Solusi Jika Eror

Bagaimana cara menengahkan tulisan di tabel Word? Pertanyaan semacam ini sangat umum dilontarkan terutama oleh mereka yang belum begitu familiar dengan tabel Microsoft Word. Sebenarnya, masalah tulisan yang tidak bisa diketengahkan ini adalah hal yang sangat mudah diselesaikan.

Tanpa bisa dipungkiri juga, tabel sering digunakan untuk berbagai keperluan termasuk penulisan data dan laporan. Pastinya, pengaturan tampilan tabel ini akan mempengaruhi daya tarik data dan laporan tersebut agar orang-orang tidak malas untuk membacanya.

Seperti biasa, mari sebut kotak-kotak yang terdapat pada tabel sebagai cell dan informasi tentang cara menengahkan teks di tabel Word selengkapnya sebagai berikut:

Daftar Cara Menengahkan Tulisan di Tabel Word

1. Menggunakan Menu Layout yang Ada di Toolbar

Dalam Microsoft Word, terdapat toolbar yang berisi sejumlah menu dan salah satunya adalah menu Layout. Menu ini akan muncul setelah kamu blok atau sorot atau bisa juga klik tabel yang ingin diatur penempatan teksnya.

Dalam menu Layout tersebut juga akan ada banyak pilihan termasuk ketika kamu ingin menambah kolom, menambah baris, menyatukan beberapa cell, menyesuaikan ukuran cell dengan isinya, mengatur tinggi dan rendahnya termasuk pengaturan posisi tulisan ini.

Masing-masing pilihan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Sebelum menengahkan sebuah tulisan di tabel word, tentunya kamu haru mengetahui bagaimana cara membuat tabel di word. Sedangkan kalau untuk membuat tulisan dalam tabel Word berada di tengah-tengah cell, caranya sebagai berikut:

  • Pilih cell mana saja yang teks di dalamnya akan kamu posisikan di tengah-tengah
  • Selanjutnya, klik Layout
  • Fokus ke bagian sub menu Layout sebelah kanan, di sana akan ada grup Alignment
Fokus ke bagian sub menu Layout sebelah kanan, di sana akan ada grup Alignment
  • Pilih Align Center untuk membuat tulisan tepat berada di tengah cell, tidak menggantung menempel pada garis cell yang atas dan tidak juga menempel pada garis cell yang bawah.

2. Menggunakan Tanda Plus Pada Tabel

Ketika kamu membuat tabel, disadari atau tidak bahwa di pojok kiri atas tabel tersebut terdapat tanda plus (+). Tanda ini kalau kamu klik kanan akan memunculkan sejumlah opsi terkait dengan pengaturan tabel, termasuk copy, paste dan juga membuat tulisan dalam tabel berada di tengah-tengah.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Jurnal di Word dan Bagiannya yang Wajib Ada

Adapun cara menengahkan tulisan di tabel Word 2010 menggunakan tips kedua ini langkah-langkahnya sebagai berikut. 

  • Klik kanan tepat pada tanda Plus (+) yang berada di pojok kiri atas tabel. Tanda ini biasanya akan otomatis keluar apabila kursor didekatkan ke tabel
  • Selanjutnya pilih Table Properties sehingga nanti akan muncul kotak dialog Table Properties
Selanjutnya pilih Table Properties sehingga nanti akan muncul kotak dialog Table Properties
  • Klik Cell
  • Pilih Center kemudian klik OK

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, seharusnya sekarang posisi tulisan berada di tengah tabel. Perlu diingat, bahwasanya untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan apabila kamu ingin membuat semua tulisan dalam tabel berada di tengah.

Sebab, setelah kamu klik tanda Plus (+), semua bagian tabel akan tersorot atau terblok sehingga semua isi dalam tabel tersebut akan terpengaruh oleh pengaturan yang kamu lakukan.

3. Menggunakan Klik Kanan

Kalau cara menengahkan tulisan di tabel Word di atas untuk membuat semua tulisan dalam tabel berada di tengah, cara yang kali ini hanya khusus untuk cell-cell yang kamu pilih saja. Dengan kata lain, tulisan dalam cell yang tidak kamu pilih akan tetap berada di posisi semula.

Kalau memang hanya beberapa bagian saja yang ingin kamu ketengahkan tulisannya, bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sorot atau blok cell-cell yang tulisannya ingin kamu posisikan berada di tengah
  • Selanjutnya, klik kanan di bagian tabel yang tersorot tersebut
  • Pilih Cell Alignment
  • Pilih Align Center dan tulisan secara otomatis akan berubah sesuai dengan keinginan kamu
Pilih Align Center dan tulisan secara otomatis akan berubah sesuai dengan keinginan kamu

4. Jika Teks Tetap Tidak Bisa Berada di Tengah-Tengah Cell

Terkadang ada kondisi di mana seseorang sudah melakukan ketiga cara di atas untuk membuat tulisan dalam tabel di Word berada di tengah namun tidak berhasil. Ini juga merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi.

Baca Juga:  4 Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word, Otomatis & Manual!

Kemungkinan besar yang menyebabkan hal tersebut terjadi ialah pengaturan paragraf yang masih belum disesuaikan. Mungkin kamu sebelumnya masih menggunakan pengaturan paragraf default. Untuk itu, kamu perlu mengecek pengaturan ini terlebih dahulu sekaligus memperbaikinya.

Untuk langkah-langkahnya ada di bawah ini.

  • Blok atau sorot bagian-bagian tabel yang diinginkan
  • Selanjutnya perhatikan tab Home
  • Perhatikan pula ikon Paragraph dan klik tanda panahnya. Perhatikan spasinya berada di angka berapa. Ambil contoh dalam hal ini 1,5
  • Selanjutnya pilih Line Spacing Option sehingga kemudian akan muncul kotak dialog Paragraph
Selanjutnya pilih Line Spacing Option sehingga kemudian akan muncul kotak dialog Paragraph
  • Klik Indent and Spacing
  • Lanjutkan dengan memperhatikan Spacing
  • Isi bagian Before dan After dengan angka 0 pt
  • Selanjutnya untuk bagian Line Spacing yang ada di bawahnya, pilih Single saja
Selanjutnya untuk bagian Line Spacing yang ada di bawahnya, pilih Single saja
  • Klik OK

Seharusnya setelah menerapkan langkah-langkah di atas, kamu akan melihat posisi teks atau tulisan berubah menjadi lebih ke tengah. Akan tetapi, cara ini membuat ukuran tinggi baris tabelnya menjadi lebih kecil karena spasinya kan single tadi.

Kalau kamu tidak suka dengan hasil seperti ini dan ingin membuat ukuran cell menjadi lebih lebar, bisa juga melakukan perubahan. Tidak perlu dengan menggeser cell satu persatu, tetapi cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Blok dulu keselurahan isi tabel
  • Selanjutnya tinggal klik kanan dan pilih Table Properties lagi sehingga muncul kotak dialog Table Properties
  • Kemudian klik Row dan pada Specify Height, langsung masukkan angka agar tinggi cell dalam tabel sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa mencoba-coba beberapa angka untuk melihat hasil dan perubahannya
Kemudian klik Row dan pada Specify Height, langsung masukkan angka
  • Klik OK

Dengan langkah-langkah di atas, maka ukuran tinggi cell tabel akan sesuai dengan yang kamu mau dan tulisannya juga akan berada di tengah-tengah tabel. Tidak bingung lagi kan sekarang?

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Microsoft Word di PC Windows dan Mac

Cara Membuat Tabel Di Tengah Word

Kalau sebelumnya sudah dibahas soal cara menengahkan tulisan di tabel Word, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana sih agar tabel tersebut berada di tengah-tengah dokumen? Karena kalau secara default, tabel akan berada di sebelah kiri dokumen.

Kalau kamu menggeser-geser garis batas tabel, juga akan kembali ke posisi di sebelah kiri. Untuk kasus seperti ini, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Blok tabel yang ingin kamu pindahkan posisinya
  • Selanjutnya klik Home pada toolbar kemudian perhatikan bagian Paragraph
  • Di sana ada tombol Center Text, klik saja tombol tersebut
Di sana ada tombol Center Text, klik saja tombol tersebut

Selesai, itu saja langkah-langkahnya. Setelah melakukan ketiga poin di atas, tabel akan secara otomatis berpindah ke tengah-tengah dokumen.

Cara Menggeser dan Memindahkan Tabel

Tabel juga bisa digeser serta dipindahkan dari posisi semula ke posisi yang diinginkan loh. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Blok keseluruhan tabel yang ingin dipindahkan
  • Selanjutnya, klik kanan di area tabel yang sudah diblok tadi sehingga muncul beberapa opsi. Sampai di sini, klik Cut dan tabel akan menghilang. Tidak perlu takut karena sebenarnya tabel akan tersimpan di Clipboard
  • Kemudian pindahkan kursor ke bagian dokumen di mana tabel akan ditempatkan
  • Klik kanan kemudian pilih Paste dan tabel akan muncul kembali dengan isi yang sama seperti sebelumnya
Klik kanan kemudian pilih Paste dan tabel akan muncul kembali dengan isi yang sama seperti sebelumnya

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa memindah dan menggeser tabel menggunakan shortcut pada keyboard. Tombol-tombol yang digunakan adalah Alt + Shift dan tanda panah baik ke atas maupun ke bawah, pilih sesuai dengan lokasi yang diinginkan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara menengahkan tulisan di tabel Word? Agar pembaca bisa lebih mudah memahami isi dalam tabel, jangan lupa sertakan judul atau keterangan di bagian atas atau di bagian bawah tabel ya.

Leave a Comment