Cara Membuat Landscape dan Portrait dalam Satu File Word

Cara membuat landscape dan portrait dalam satu file word sebenarnya sangat sederhana. Kamu tidak perlu lagi membuat halaman berbeda karena sejatinya hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan satu file.

Word sudah berevolusi menjadi salah satu aplikasi di PC, laptop, dan bahkan juga ponsel yang bisa mendukung banyak pekerjaan dalam hal mengolah kata. Untuk itulah kamu perlu mempelajarinya sehingga mempermudah dalam proses editing.

Penggunaan Microsoft word sangat berfungsi untuk membuat berbagai jenis dokumen baik itu untuk skripsi, bekerja di kantor, atau berbagai kebutuhan lainnya. Penggunaan word ini membantu banyak orang dan pekerjaan mereka.

Cara Membuat Landscape dan Portrait Dalam Satu File Word

Cara untuk membuat hal ini sebenarnya sangatlah mudah. Caranya adalah dengan melakukan page breaks dan langsung mengganti dengan landscape ataupun portrait. Biasanya halaman word akan muncul dengan format portrait.

Begitupun jika kamu ingin melakukan editing, maka yang biasanya digunakan adalah format portrait. Sedangkan, apabila ingin menggantinya maka dapat menggunakan format landscape dengan cara berikut ini.

● Buka File Word

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka file word. Apabila kamu memiliki software dalam laptop atau PC yaitu Microsoft Word. Jika belum melakukan instalasi, silahkan menginstal terlebih dahulu dengan menghubungi penyedia jasa software install.

Selanjutnya, kamu bisa membuat file baru untuk mengubah format portrait dan juga landscape. Sebenarnya kamu bisa mengedit file yang lama dengan fitur ini. Akan tetapi, akan kembali mengedit letak halaman dan juga tulisan di halaman berikutnya.

● Buat 2 Halaman pada Satu File

Setelah masuk ke halaman utama word, biasanya yang muncul hanyalah berupa satu lembar halaman. Kamu bisa membuatnya menjadi 2 halaman dengan menekan Enter ke halaman berikutnya. Hal ini bertujuan untuk membuat pembeda antara landscape dan juga portrait.

Baca Juga:  Cara Memisahkan Tabel di Word

Sementara, pada halaman kedua yang muncul adalah tetap dalam format portrait. Untuk itu, kamu bisa membuatnya menjadi landscape misalnya pada halaman kedua dengan melanjutkan pada langkah selanjutnya.

Cara membuat landscape dan portrait dalam satu file word harus terdiri lebih dari satu halaman dalam file.

● Pilih Menu Page Layout

Pilih Menu Page Layout

Pada bagian atas menu word, kamu akan menemukan Page Layout yang berfungsi untuk mengatur berbagai jenis dokumen yang berhubungan dengan set up, background, paragraph, dan lain sebagainya. Halaman ini akan membantu kamu untuk bisa mensetting dengan baik.

● Lihat Page Setup dan Pilih Breaks

Lihat Page Setup dan Pilih Breaks

Pada kolom sub menu Page Setup kamu bisa menemukan berbagai jenis tools seperti margins, orientation, size, column, dan yang lainnya. Pilih Breaks dan akan banyak muncul menu ke bawah yang memberikan berbagai jenis opsi.

Terdapat 2 opsi utama yaitu Page Breaks dan Section Breaks. Page Breaks adalah untuk mengatur pemisahan kolom, teks, dan juga untuk menambahkan halaman selanjutnya dalam format orientation yang sama.

Sedangkan Section Breaks memang digunakan untuk melakukan formatting pada halaman yang berikutnya. Atau juga membuat section baru di dalam satu halaman untuk membuat format berbeda. Hubungannya juga erat dengan melakukan penomoran halaman yang bisa dipelajari selanjutnya.

● Pilih Next Page Pada Dropdown Menu Section Breaks

Pilih Next Page Pada Dropdown Menu Section Breaks

Selanjutnya, word akan secara otomatis memisahkan antara halaman satu dengan halaman yang kedua. Pastikan juga kursor sudah berada di halaman yang kedua untuk melakukan formatting. Tujuan melakukan Break Next Page ini adalah untuk memisahkan format halaman pertama dan kedua.

Sehingga apabila Akamuda ingin melakukan formatting seperti mengubah orientation, maka akan langsung berubah dengan mudah sesuai dengan kebutuhan. Hal ini ada dalam cara membuat landscape dan portrait dalam satu file word.

Baca Juga:  Cara Membuat Diagram Batang di Word: Nggak Sulit, Kok!

● Klik Page Layout > Orientation > Landscape

Klik Page Layout > Orientation > Landscape

Setelah memastikan bahwa kursor kamu sudah berada di halaman 2, maka selanjutnya kamu bisa masuk ke Page Layout dan melakukan klik di Orientation, selanjutnya pilih Landscape. Maka secara otomatis maka halaman ke-2 kamu akan langsung berubah dengan mudah menjadi landscape.

Apabila tidak berubah sama sekali atau malah semuanya berubah menjadi landscape, maka ada kesalahan di breaks next page. Kamu harus melakukan pengecekan kembali dalam hal ini sehingga bisa membuat formating menjadi benar.

Tips Mengganti Kembali Halaman Landscape ke Portrait

Tips Mengganti Kembali Halaman Landscape ke Portrait

Setelah membuat halaman landscape diatas, maka mungkin kamu ingin membuat kembali halaman portrait pada halaman ke-4, dst. Maka bisa kembali menggantinya dengan melakukan cara yang sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Caranya adalah dengan memastikan kursor berada di halaman akhir sebelum melakukan page breaks. Misalnya, ingin membuat landscape di halaman 4, maka letakkan kursor pada halaman 3 untuk membuat page breaks.

Selanjutnya, kamu bisa langsung masuk ke Page Layout dan klik Breaks lalu pilih kembali Next Page untuk membuat pembatas antara halaman 3 dan juga 4. Selanjutnya, kamu akan langsung berada di halaman 4.

Pilih Page Layout kembali dan klik Orientation, lalu dan pilih Portrait. Selanjutnya halaman kamu akan langsung terganti menjadi tegak atau portrait selanjutnya ke halaman yang lain. Begitu juga jika ingin mengganti kembali di halaman berikutnya bisa melakukan cara yang sama.

Cara Membuat Landscape dan Portrait Dalam Satu File Word Berkelanjutan

Cara yang dijelaskan sebelumnya biasanya menggunakan file word yang tidak berkelanjutan. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah jika ingin membuatnya berkelanjutan tanpa harus mengubah setting kembali.

Baca Juga:  Tidak Perlu Bingung! Ini Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Sebagai contoh, pada halaman awal, kamu menggunakan format portrait. Dan pada halaman berikutnya kamu menggunakan format landscape hanya pada satu halaman dan selanjutnya kembali seperti biasa. Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

● Buka Dokumen Word

Caranya adalah dengan melakukan double klik pada icon word, ingat selalu install terlebih dahulu aplikasinya sebelum menggunakannya. Cara ini sangat mudah untuk bisa kamu lakukan. Selanjutnya letakkan kursor pada halaman yang akan diubah orientasinya.

● Klik Page Layout

Selanjutnya masuk ke menu Page Layout dan lihat menu Page Setup. Pada bagian kanan bawahnya terdapat tanda panah kecil yang bisa kamu gunakan untuk melakukan setting. Klik tanda panah tersebut dan akan muncul kotak dialog.

● Cek Apply to > This Point Forward

Cek Apply to > This Point Forward

Kotak dialog yang muncul memberikan informasi tentang margins, paper, dan juga layout. Kamu cukup tetap berada di tab Margins dan lihat ke bawah ada tulisan Apply to. Klik pilihan di sebelahnya dan pilih This Point Forward untuk bisa mengganti menjadi portrait dan landscape menjadi berkelanjutan.

Dalam membuat dokumen ini sebenarnya tidak terlalu rumit karena pengaturannya hanya berada di dalam tab page layout. Kamu hanya tinggal menari informasi disana, selanjutnya kan bisa memberikan beberapa kemungkinan untuk bisa membuat halaman menjadi landscape dan juga portrait.

Cara membuat landscape dan portrait dalam satu file word bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis editing file yang dibutuhkan. Misalnya saja untuk memasukkan file diagram, gambar, atau jenis lainnya yang memanjang ke samping bisa menggunakan breaks.

Leave a Comment