Cara Mengubah dan Membuat Landscape Word

Mengedit dokumen pada Microsoft Word memang punya tantangan tersendiri. Fiturnya memang banyak, tetapi tetap dapat membingungkan bagi yang belum terbiasa. Ada rasa khawatir akan melakukan kesalahan bila asal bereksperimen atau melakukan eksplorasi. Terlebih lagi, bila mereka belum tahu benar cara landscape di Word.

Biasanya, tidak banyak yang memperhatikan hal ini. Mereka hanya memakai Microsoft Word untuk mengetik naskah. Barulah saat kesulitan menempatkan grafik atau tabel ke dalam naskah, mereka menyadari betapa tidak idealnya tetap memakai halaman Word berformat portrait. Selain grafik terpotong, memaksakan grafik supaya muat dalam halaman berformat portrait malah menghasilkan sesuatu yang tidak memuaskan.

Tampilan laman Microsoft Word Secara Otomatis (By Default)

Cara Landscape di Word
Sumber : Tutorial Komputer

Apa yang pertama kali biasa kita lihat saat membuka laman Microsoft Word? Tampilannya pasti berupa halaman berformat portrait (memanjang dari atas ke bawah). Nah, untuk mengubahnya menjadi landscape, pastinya kita harus memanfaatkan fitur yang tepat di sana.

Format default ini memang sudah diset dari sananya. Ini terkait dengan fungsi utama Microsoft Word, yaitu untuk mengetik naskah biasa. Misalnya: cerpen, puisi, artikel, esai, dan sejenisnya.

Bila dokumenmu hanya berupa tulisan, mungkin tetap memakai format portrait pada laman Microsoft Word masih memadai. Namun, bila kamu menambahkan grafik di word atau tabel, sebaiknya cobalah mengubah laman menjadi landscape. Selain dapat memuat lebih banyak data, grafik atau tabel tidak akan terlihat ‘gepeng’. (Ini dapat terjadi bila kamu memutuskan untuk mengecilkan grafik agar muat di halaman berformat portrait).

Selain itu, mengubah laman Microsoft Word menjadi landscape dapat mencegah terpotongnya grafik saat dicetak. Kamu dapat melakukannya untuk satu, dua, tiga, atau berapa pun halaman yang diinginkan. Tentu saja, ada cara yang harus diperhatikan sebelum mencobanya sendiri.

Baca Juga:  Gimana Cara Menghilangkan Garis Merah di Word? Simpel, Kok!

Lalu, bagaimana cara mengubah dan membuat landscape di Word? Ternyata, masing-masing mempunyai cara yang berbeda. Mari simak satu-persatu di bawah ini sebelum mulai mencobanya sendiri. Begitu sudah terbiasa, kamu tidak akan perlu merasa pusing dengan cara landscape di Word. Kamu akan terbiasa melakukannya tanpa kesulitan.

Cara Mengubah Landscape di Word:

Cara Landscape di Word
Sumber : Satu Titik Nol

Bagaimana cara mengubah landscape pada laman Microsoft Word? Cara landscape di Word sebenarnya tidak susah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini sebelum mencobanya sendiri:

– Pilih menu page layout

Bukalah laman Microsoft Word. Pada bagian toolbar, kamu akan menemukan menu page layout. Pilihlah menu tersebut. Kamu akan langsung diarahkan menuju tombol orientasi.

– Klik tombol orientasi

Setelah memilih menu page layout, kamu akan melihat beberapa pilihan menu lain di dalamnya. Salah satunya adalah tombol orientasi (orientation). Klik tombol tersebut sebelum menemukan fitur landscape.

– Pilih fitur landscape.

Sesudah mengeklik tombol orientasi, kamu akan melihat fitur landscape sebagai pilihan. Begitu memilih fitur landscape, kamu dapat melihat perubahan posisi laman Microsoft Word. Yang tadinya berformat portrait (memanjang dari atas ke bawah), sekarang berubah menjadi format landscape (memanjang ke samping).

Nah, dengan format ini, grafik akan terbentang dengan sempurna dan tidak terpotong saat dicetak. Kamu bahkan tidak perlu repot-repot memisahkan dokumen grafik atau tabel dengan dokumen teks biasa, apalagi bila kebetulan grafik dan teks berada pada halaman yang sama.

Cara Membuat Landscape di Word:

Cara Landscape di Word
Sumber : Ekrut

Selain cara mengubah landscape pada Microsoft Word, kamu juga bisa membuatnya tanpa harus menyeragamkan seluruh halaman dokumen. Bagaimana cara membuat landscape di Microsoft Word, tetapi hanya pada halaman tertentu? Langkah-langkahnya seperti ini:

Baca Juga:  Cara Memindahkan Halaman di Word ke Word Lain, 100% Rapi!

– Blok beberapa teks

Misalnya, Kamu sudah mengetik teks untuk dokumen yang disimpan. Namun, tiba-tiba kamu berubah pikiran. Kamu ingin mengubah format laman di Microsoft Word dari portrait menjadi landscape. Nah, kamu bisa memulainya dengan melakukan blok pada teks dalam dokumen yang mau disimpan.

– Buat custom margin

Setelah itu, buatlah custom margin. Caranya adalah dengan klik menu Page Layout > Margin > Custom Margins. Sampai sini, kamu akan bisa melihat Page Setup.

– Pilih orientasi landscape

Pada fitur Page Setup, ada pengaturan di bagian Orientation (untuk memilih landscape) serta Applied to (untuk memilih teks yang format halamannya ingin diubah menjadi landscape). Sesudah memilih orientasi landscape, tinggal tekan OK.

– Cek hasilnya

Nah, segera cek hasilnya begitu selesai. Karena yang diubah menjadi landscape hanya halaman yang teks-nya diblok, cara ini tidak berlaku untuk halaman-halaman lainnya meskipun masih dalam dokumen Microsoft Word yang sama.

Cara ini juga ideal bagi yang tidak mau repot-repot membuka lebih dari satu dokumen dengan beda format. Kamu cukup mencetak dokumen sekali dan hasilnya sesuai dengan keinginanmu.

Tentu saja, setelah selesai dengan cara landscape di Word, jangan lupa untuk menyimpan dokumen tersebut di komputer. Bila sudah klik save, dokumen akan tetap dalam format portrait.

Kesimpulan:

Ternyata, cara landscape di Word tidak terlalu rumit, bukan? Kamu bisa langsung mengubahnya sebelum mengisi dokumen sesuai kebutuhan. Namun, bila hanya ingin mengubah sebagian halaman menjadi format landscape alih-alih portrait, kamu juga bisa melakukannya.

Sekali lagi, penggunaan laman Microsoft Word berformat portrait biasanya untuk kebutuhan teks. Yang ingin mengubah laman tersebut menjadi berformat landscape biasanya untuk kebutuhan peletakkan grafik atau tabel. Tidak ada yang benar atau salah dalam hal ini. Semua hanya soal kebutuhan.

Baca Juga:  Cara Membuat Leaflet di Word yang Mudah dan Menarik

Jadi, sudah mencoba semua cara di atas untuk mengubah laman Microsoft Word kamu? Jika sudah, kamu tidak akan lagi bingung dengan cara landscape di Word. Kamu bisa mulai berkreasi dengan dokumen Microsoft Word-mu, baik berupa teks maupun grafik hingga membuat tabel di word. Selamat bekerja dan semoga lancar.

Leave a Comment