Cara Agar Word Tidak Bisa Dicopy Tanpa & dengan Password

Cara agar word tidak bisa dicopy memberikan suatu kemudahan tertentu untuk orang-orang yang ingin memproteksi dokumen mereka.Isu proteksi dokumen dan juga menjadi masalah utama yang sering terjadi belakangan ini.

Banyak orang yang mengcopy dokumen dengan tidak bertanggung jawab bahkan tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk itulah melindungi dokumen yang kamu miliki sangat penting agar tidak mudah dicontek atau ambil oleh orang lain.

Cara memproteksinya sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menerapkan password pada desain tersebut. Untuk membuat password juga membutuhkan beberapa langkah sederhana yang tidak rumit. Penjelasannya banyak dijelaskan pada ulsan berikut ini.

Cara Agar Word Tidak Bisa Dicopy Dengan Password

Salah satu cara untuk mengatasi word tidak bisa dicopy adalah dengan menggunakan password. Cara membuat password juga sangat mudah yaitu cukup dengan mengklik beberapa langkah di Word sehingga dapat memuat password. Caranya adalah sebagai berikut.

● Buka File Word Atau Dokumen yang Sudah Dibuat

Pertama, yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa dokumen dan juga aplikasi word sudah masuk ke dalam laptop atau komputer. Aplikasi inilah yang akan kamu gunakan untuk memperbaiki dokumen dan juga memproteksinya dengan password.

Untuk bisa membuka file Word, maka dibutuhkan aplikasinya yaitu Microsoft Word, jika sudah terinstal maka kamu bisa langsung mengklik dua kali dan selanjutnya dokumen akan langsung terbuka di layer laptop atau PC.

● Masuk Ke Menu Review

Masuk Ke Menu Review

Selanjutnya, kamu bisa mencari menu Review di dalam tab word dan mengkliknya. Dalam menu review ini terdapat berbagai tools yang berfungsi untuk proofing, speech, accessibility, language, comments, tracking, changes, compare, protect, dan juga link.

Semua menu review ini bertugas dan juga bertujuan untuk dapat memberikan juga editing tentang memberikan komentar, perbaikan, dan juga tools untuk membuat proteksi di dalam dokumen. Untuk itulah pentingnya menguasai beberapa tools di dalam review ini.

Baca Juga:  6 Cara Membuat Tabel di Word Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

● Klik Restrict Editing

Klik Restrict Editing

Pada bagian pojok kanan dari menu Review tersedia menu Restrict Editing yang berfungsi untuk dapat memberikan berbagai jenis editing proteksi dalam sebuah word. Kamu bisa memilih menu tersebut dan selanjutnya akan muncul kotak dialog.

Kotak ini menyediakan 3 jenis editing yaitu format restrictions, editing restrictions, dan juga staff enforcement. Ketiganya memuat tentang editing dan juga berbagai jenis review lainnya untuk membuat jenis komentar cara agar word tidak bisa dicopy.

● Klik Filling in Forms

Klik Filling in Forms

Dari 3 jenis format yang ada di sana, maka kamu bisa melakukan klik Filling In Forms untuk dapat menyimpan atau saving password. Langkah selanjutnya adalah klik Yes, Start Enforcing Protection dan masukkan Password lalu klik OK.

Selanjutnya dokumen yang kamu miliki tidak akan bisa diubah oleh pengguna lainnya ataupun dicopy secara sembarangan isinya. Karena, semuanya sudah terproteksi dan juga menggunakan password sehingga tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.

Cara membuat Word tidak bisa dicopy sebenarnya sangat mudah hanya dengan memanfaatkan beberapa file yang terpassword dengan baik. Untuk itulah proteksi ini penting dilakukan agar tidak dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh orang lain. 

Cara Agar Word Tidak Bisa Dicopy Membuat Read Only Mode

Kamu bisa membuat dokumen hanya dengan menggunakan read only mode, lalu menggunakan password enkripsi, restrict format editing, restrict content editing, dan termasuk juga editing expectations. Kamu dapat membuat fitur read only dengan mudah mengikuti beberapa cara berikut ini.

● Buka file Word

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka file Word sehingga dokumen juga bisa langsung terbuka. Selanjutnya masuk ke menu File dan pilih Info selanjutnya pilih Protect Document untuk dapat melihat beberapa opsi keamanan yang ada.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan PPT ke Word dengan Rapi & Cepat

Pada menu proteksi dokumen tersebut, maka kamu bisa langsung memilih Always Open Read-Only. Selanjutnya simpan dokumen dengan mengklik tombol Save dan kamu bisa tutup dokumennya untuk bisa dibuka kembali nantinya.

● Tampilan Pesan Read-Only

Tampilan Pesan Read-Only

Selanjutnya kamu bisa membuka kembali file word tersebut dan akan menampilkan fitur Read Only. Jadi, orang yang ingin membuka file tersebut bisa mendapatkan fitur hanya baca saja. Pengguna lainnya tidak bisa mengedit ataupun meng copy dokumennya.

Apabila kamu ingin menghilangkan fitur read only, maka bisa masuk ke menu File selanjutnya ke Info, Protect Document, dan Always Open Read-Only. Hal ini sangat berfungsi ketika mengembalikan file tersebut ke semula.

Menggunakan Password Enkripsi

Kamu juga bisa membuat password enkripsi dengan menggunakan dokumen word yang akan diproteksi agar tidak dengan mudah di copy paste oleh orang lain. Caranya sangat mudah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

● Masuk ke Menu File

Caranya adalah masuk ke menu File, masuk ke Info, dan klik Lindungi Dokumen. Pilihlah Enkripsi dengan kata Sandi. Word akan meminta kamu untuk dapat membuat password bagi dokumen tersebut. Sebenarnya passwordnya bisa kamu buat sesederhana mungkin.

Akan tetapi sebaiknya jangan sampai orang mengetahuinya dan mudah untuk membobol. Gunakan kata sandi yang simpel dan juga mudah diingat terlebih ketika kamu melupakannya.

● Klik Save dan Close Dokumen

Setelah memasukkan kata sandi atau password, kamu bisa langsung menyimpan perubahan tersebut dan melakukan close pada dokumen untuk mengetes file yang sudah diproteksi tersebut. Ini adalah salah satu cara agar word tidak bisa dicopy.

Apabila sudah selesai membuat dokumen dengan password, maka kamu bisa menghapus kembali password tersebut jika tidak diinginkan. Hanya orang yang mengetahui kode sandi atau password yang bisa menghapusnya. Caranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Garis Tepi di Word & Memunculkannya Lagi

● Klik Menu File

Klik Menu File

Sama seperti cara membuat kata sandi, maka kamu bisa masuk ke menu File, lalu pilih Info dan Protect Document. Klik Encrypt with Password. Cara ini sangat mudah dan selanjutnya akan keluar kotak dialog.

● Hapus Kata Sandi yang Sudah Dibuat

Selanjutnya hapus kata sandi atau password yang sudah dalam keadaan kabur  lalu bisa mengklik OK. Lakukan Save dokumen kembali dan tutup file tersebut. Maka selanjutnya file word kamu tidak akan menggunakan password kembali.

Keuntungan Mengunci File Word

Keuntungan Mengunci File Word

Sebenarnya ada banyak keuntungan ketika kamu mengunci file word tersebut. Salah satunya adalah menjaga data dan juga proteksi agar tidak sembarang orang dapat mengaksesnya sehingga menimbulkan penggandaan dokumen dengan sangat mudah.

Beberapa keuntungan yang bisa dijabarkan adalah sebagai berikut:

  • Menghindari Plagiarisme. Plagiat adalah salah satu tindakan tidak terpuji yang seringkali dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab mengambil karya milik orang lain tanpa mencantumkan sumber. Bahkan hanya dengan menggunakan file word hal ini sangat mudah untuk dilakukan.
  • Menyebarkan Dokumen Pada Kalangan Tertentu. Hanya orang tertentu saja yang memiliki akses terhadap dokumen, sehingga kamu bisa memberikan password pada orang-orang yang diinginkan saja. Apabila terjadi kebocoran data maka orang lain tidak akan bisa membaca file tersebut.

Untuk dapat membuka dokumen yang terkunci, kamu dapat membaca artikel tentang 7 Cara Membuka Word yang Terkunci dengan Mudah dan Cepat, dibawah ini :

Cara agar word tidak bisa dicopy utamanya adalah menggunakan fitur  review. Word sendiri sudah memiliki sistem agar tidak sembarang orang bisa mengambil data dengan mudahnya yaitu dengan memproteksinya menggunakan password.

Leave a Comment