Cara Agar Word Tidak Berubah / Berantakan Saat Dibuka

Cara agar Word tidak berubah saat membukanya di perangkat lain tersedia dalam berbagai cara. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai hal berikut. Word merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang berfungsi untuk mengolah kata.

Aplikasi ini banyak digunakan di dunia kerja dan perkantoran karena fiturnya yang sangat menarik. Kamu bisa membuat narasi, tabel, flowchart, bahkan juga berbagai pekerjaan lainnya di dalam Word. Sekarang ini, penggunaan aplikasi menjadi penting dilakukan.

Sebenarnya Word memiliki berbagai tools ajaib yang malah sekitar 50%nya tidak dimanfaatkan oleh pengguna. Maka dari itu, sebaiknya kamu memahami berbagai bentuk toolsnya sehingga bisa mendapatkan  kemudahan.

Cara Agar Word Tidak Berubah Dengan Mengunci File

Tutorial ini sebenarnya digunakan agar Word tersebut tidak dapat diedit oleh orang lain. Cara menguncinya adalah dengan mengisikan password di dalam file. Untuk bisa melakukannya, maka kamu bisa mengikuti beberapa hal berikut ini.

1. Buka Menu Review

Buka Menu Review

Menu ini memiliki berbagai jenis tools untuk bisa mereview pekerjaan. Misalnya saja mulai dari spelling dan grammar, translasi, track changes, dan berbagai jenis tools review lainnya. kamu juga bisa membuat accepting dan rejecting untuk dokumen yang sudah diedit.

2. Pilih Restrict Editing

Letaknya berada pada bagian kanan ujung dari menu Review. Sedangkan menu restrict editing ini adalah untuk membuat dan juga mengedit berbagai jenis password untuk dokumen yang dibutuhkan.

Untuk itulah kamu akan melihat menu di sebelah kanan halaman word yang berisikan tentang format restriction, editing restriction, dan start enforcement.

3. Lihat Menu no 2. Editing Restrictions

Lihat Menu no 2. Editing Restrictions

Pada menu tersebut terdapat pilihan nomor 2 yaitu editing restriction. Kamu bisa melihat pada baris yang nomor 2 yaitu allow only this type of editing in the document. Klik centang pada tulisan tersebut dan pilih filling in forms pada bagian bagian bawahnya sehingga memudahkan untuk membuat form.

Baca Juga:  Cara Agar Word Tidak Bisa Dicopy Tanpa & dengan Password

4. Pilih Start Enforcing Protection

Pilih Start Enforcing Protection

Apabila sudah mengganti pada nomor 2, mak selanjutnya beranjak ke menu start enforcement. Klik tombol Yes Start Enforcing Protection dan masukkan password yang kamu inginkan untuk nanti bisa membukanya.

Setting password telah selesai dilakukan. Selanjutnya, kamu bisa melakukan copy dan paste dokumen kepada orang lain. Akan tetapi, untuk membukanya harus membutuhkan password sehingga tidak semua orang bisa membuka secara sembarangan. Hanya yang memiliki password yang bisa mengeditnya.

Cara Agar Word Tidak Berubah Dengan Menggunakan Format File Rich Text Format (RTF)

Cara selanjutnya adalah bisa menggunakan format file rich text format atau (RTF). Format file ini sudah ada dalam Microsoft word akan tetapi biasanya banyak membutuhkan space yang lebih besar daripada biasanya. Format file RTF ini cukup besar sehingga memakan space dalam penyimpanan komputer.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila menggunakan format file ini adalah.

1. Buka Microsoft Word Atau Dokumen yang Ingin Diganti Format Filenya

Tentunya semua orang sudah mengetahui cara membuka file di Microsoft Word. Caranya sederhana cukup dengan melakukan double klik di Word dan akhirnya file tersebut langsung terbuka. Ingat, Anda harus menginstal Word terlebih dahulu untuk bisa melakukan hal ini.

2. Pilih Menu File dan Bisa Mengklik Save As

Selanjutnya setelah dokumen word terbuka, maka kamu bisa mengklik menu file dan selanjutnya tekan Save As. Cara ini adalah untuk mengubah ekstension filenya sehingga bisa diganti dengan format yang lain.

3. Pilih Browse

Setelah file akan tersimpan, maka selanjutnya dapat mengklik browse yaitu untuk menempatkan data tersebut di dalam komputer. Kamu bisa menempatkan file itu di Data (D), desktop, data C, dan yang lainnya. Jika menempatkan file word, sebaiknya lakukan di D.

Baca Juga:  5 Cara Menggabungkan Tabel di Word

4. Pilih .RTF

Pilih .RTF

Selanjutnya file akan disimpan, akan tetapi untuk mengubahnya ke dalam bentuk .rtf maka harus diganti dalam kotak dialog Save As. Selanjutnya pada bagian bawah kotak dialog tersedia Save As Type, kamu bisa klik dan pilih .rtf (rich text format).

5. Klik Save

Selanjutnya kamu bisa melakukan klik save untuk menyimpan file yang sudah diformat dengan ekstensi tersebut. Maka, file kamu akan tersimpan di lokasi yang diinginkan dengan format rtf. Metode ini cukup efektif untuk membuat cara agar word tidak berubah.

Kekurangan dari file ini adalah ukurannya yang cukup besar, akan tetapi mempermudah kamu untuk bisa mengedit tanpa harus merusak file seperti word yang berubah.

Menggunakan Save As ke Word 97-2003

Biasanya, Word yang berantakan dan posisinya berubah-ubah disebabkan oleh perbedaan versi penggunaan Word di komputer. Misalnya kamu biasa menggunakan Word versi 97-2003. Jika menggunakannya di versi 2010, 2019, dan lai sebagainya maka file tersebut masih bisa dibuka.

Akan tetapi berbeda dengan apabila kamu menggunakan file dari Word 2010 atau 2019 yang di baca di versi Word 2003 atau dibawahnya, maka file tidak akan bisa terbaca. Walaupun bisa terbaca, maka file word tersebut akan acak dan berantakan.

Intinya file versi lebih lama tidak akan bisa membuka versi yang lebih baru. Ada cara praktis untuk bisa mengatasi hal ini yaitu dengan cara.

1. Buka Microsoft Word Atau Dokumen Word yang Sudah Diketik

Tentunya semua orang sudah mengetahui cara membuka file di Microsoft Word. Caranya sederhana cukup dengan melakukan double klik di Word dan akhirnya file tersebut langsung terbuka. Ingat, kamu harus menginstal Word terlebih dahulu untuk bisa melakukan hal ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Garis Tepi di Word Biar Rapi, Mudah Loh!

2. Pilih Menu File pada Halaman Atas dan Klik Save As

Pilih Menu File pada Halaman Atas dan Klik Save As

Selanjutnya setelah dokumen word terbuka, maka kamu bisa mengklik menu file dan selanjutnya tekan Save As. Cara ini adalah untuk mengubah ekstension filenya sehingga bisa diganti dengan format yang lain dengan cara agar word tidak berubah.

3. Pilih Browse

Setelah file akan tersimpan, maka selanjutnya dapat mengklik browse yaitu untuk menempatkan data tersebut di dalam komputer. Kamu bisa menempatkan file itu di berbagai lokasi baik itu di data, di site, ataupun lokasi lainnya yang ingin ditempatkan.

4. Pilih Word 97-2003 Document

Pilih Word 97-2003 Document

Selanjutnya file akan disimpan, akan tetapi untuk mengubahnya ke dalam bentuk versi word yang lebih kecil, maka harus diganti dalam kotak dialog Save As. Selanjutnya pada bagian bawah kotak dialog tersedia Save As Type, kamu bisa klik dan pilih Word 97-2003 Document.

5. Klik Save

Selanjutnya kamu bisa melakukan klik save untuk menyimpan file yang sudah diformat dengan ekstensi tersebut. Maka, file akan tersimpan di lokasi yang diinginkan dengan format file 97-2003.  Kamu bisa membelinya di semua versi Word tanpa mengubah susunan dan juga letaknya.

Itulah beberapa cara agar word tidak berubah baik dengan mengganti format file ataupun menambahkan password. Pertama, kamu bisa mengganti format file terlebih dahulu dengan menggunakan Word 97-2003 sehingga lebih mudah untuk dioperasikan.

Leave a Comment