Cara Membuat Kliping di Word, Dijamin Menarik & Bagus!

Cara membuat kliping di Word bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membuat sebuah dokumen ringkas dengan beragam sumber referensi. Dalam pembuatan kliping, Word dapat menjadi software yang mudah digunakan dan memberikan tampilan yang menarik.

Word sendiri merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa, pelajar, ataupun para profesional. Selain dapat digunakan untuk menulis laporan atau dokumen, Word juga dapat digunakan untuk membuat kliping dengan mudah dan praktis.

Dalam pembuatan kliping di Word, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam fitur seperti copy-paste, mengatur tata letak, menambahkan gambar, dan juga mengubah font. Dengan memahami cara membuat kliping di Ms Word, kamu bisa membuat dokumen yang lebih menarik.

Cara Membuat Kliping di Word

Berikut beberapa cara membuat kliping di Ms Word yang bisa langsung dilakukan agar semuanya terstruktur dengan baik. Kamu bisa membuatnya dengan isi full Word atau dikombinasikan dengan bahan lainnya. Simak selengkapnya di sini.

1. Menentukan Tema

Menentukan Tema

Jika kamu sedang mencari cara membuat kliping di Word, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema kliping tersebut. Pilihlah tema yang menarik dan relevan dengan minatmu.

Misalnya, jika kamu tertarik dengan dunia fashion, kamu bisa memilih tema fashion sebagai topik klipingmu. Dengan menentukan tema yang tepat, kamu bisa lebih mudah menemukan bahan-bahan yang relevan untuk membuat klipingmu.

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah mencari bahan-bahan untuk klipingmu. Kamu bisa mencari bahan dari berbagai sumber, seperti internet, buku, majalah, atau koran.

Pastikan bahan yang kamu pilih terkait dengan tema yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Selain itu, pastikan juga bahan yang kamu gunakan memiliki kredibilitas yang tinggi.

2. Menjabarkan Tema

Menjabarkan Tema

Setelah menentukan tema klipingmu, lcara membuat kliping di word selanjutnya adalah menjabarkan tema tersebut dengan detail. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut tentang tema yang telah kamu pilih dengan melakukan riset melalui internet atau membaca buku terkait.

  • Pastikan informasi yang kamu dapatkan relevan dengan tema klipingmu dan memiliki kredibilitas yang tinggi.
  • Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pendapat pribadi atau sudut pandang baru terkait tema klipingmu. Hal ini akan membuat klipingmu menjadi lebih menarik dan bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.
  • Pastikan kamu menuliskan pendapat atau sudut pandang dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
Baca Juga:  5 Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Perangkat

3. Membuat Detail Setiap Tulisan

Kliping adalah suatu rangkuman dari sebuah artikel yang dibuat dengan cara memotong bagian tertentu dari artikel tersebut.

Dalam pembuatan kliping di Word, kamu dapat membuat detail setiap tulisan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah tutorial langkah-demi-langkah dalam membuat kliping di Word.

  • Buka aplikasi Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  • Selanjutnya, salin teks dari artikel yang ingin kamu kliping, kemudian pastekan pada dokumen Word baru yang telah dibuat.
  • Setelah itu, sesuaikan ukuran dan jenis font agar sesuai dengan selera kamu.
  • Kedua, buat detail setiap tulisan pada kliping tersebut. Kamu bisa menggunakan tanda bintang (*) atau tanda nomor (1, 2, 3, dst) sebagai penanda untuk setiap detail.
  • Gunakan juga fitur Bold atau Underline untuk memberi penekanan pada kata atau kalimat penting pada setiap detail yang kamu buat.
Gunakan juga fitur Bold atau Underline untuk memberi penekanan pada kata atau kalimat penting pada setiap detail yang kamu buat.
  • Dengan begitu, kliping yang kamu buat akan terlihat lebih rapi dan mudah dipahami. Itulah cara membuat kliping di Word HP atau PC dengan detail setiap tulisan.

4. Edit dan Revisi Tulisan

Edit dan Revisi Tulisan

Apabila semua teks yang nantinya akan dimasukkan sudah selesai semuanya, ada baiknya melakukan proses editing terlebih dahulu. Dengan melakukan proses editing ini maka besar diketahui adanya kesalahan ketik atau tidak.

Selanjutnya apabila ada beberapa yang bermasalah bisa dilakukan proses revisi terlebih dahulu. Dengan melakukan proses revisi humas semuanya bisa terpasang dengan sempurna dan informasi yang ada juga sudah sesuai.

5. Menambahkan Gambar atau Komponen Pendukung

Selanjutnya bisa memasukkan beberapa gambar atau komponen untuk pemainnya. Jangan memasukkan komponen tersebut bila kelebihan akan menjadi lebih berwarna.Berikut cara memasukkan gambar di Word.

  • Pastikan dokumen Word yang ingin kamu masukkan gambar sudah terbuka.
  • Pilih tab “Insert” pada bagian atas dokumen Word.
  • Klik “Pictures” dan pilih gambar yang ingin kamu masukkan.
Klik Pictures dan pilih gambar yang ingin kamu masukkan.
  • Selain itu, kamu juga bisa memilih opsi “Online Pictures” jika ingin mencari gambar dari internet atau opsi “Screenshot” jika ingin mengambil tangkapan layar.
Baca Juga:  Cara Mudah dan Cepat Membuat Garis Kop Surat di Word

Ingat, pastikan gambar yang kamu gunakan memiliki lisensi yang sah agar tidak melanggar hak cipta. Apalagi digunakan untuk keperluan komersial.

6. Melakukan Cetak atau Print

Melakukan Cetak atau Print

Apabila semuanya sudah selesai dan komponen yang ada di dalamnya sudah dimasukkan semuanya. Selanjutnya kamu bisa melakukan proses cetak agar nantinya bisa digunting lalu ditempelkan pada tempat yang sudah sesuai.

7. Mulai Proses Menempel

Mulai Proses Menempel

Cara membuat kliping di Word yang terakhir adalah dengan melakukan proses penempelan pada tempat yang sudah disediakan. Lakukan dengan sangat baik agar klipingnya bisa terlihat sangat indah.

Tips Membuat Kliping dengan Word

Tips Membuat Kliping dengan Word

Ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan jika kamu memutuskan untuk membuat kliping. Gunakan semua tips di bawah ini agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

1. Pastikan untuk mencantumkan sumber dari kliping yang dibuat

Saat membuat kliping dengan Microsoft Word, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kliping yang dibuat memiliki kualitas yang baik. Pertama, pastikan untuk memilih sumber yang relevan dengan topik yang akan dibahas.

Kemudian, gunakan fitur Copy and Paste untuk menyalin teks dari sumber yang telah dipilih ke dalam dokumen Word. Kamu juga bisa melakukan rewrite.

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan sumber dari kliping yang dibuat, baik dalam bentuk hyperlink atau catatan kaki, agar pembaca dapat memverifikasi informasi yang disajikan.

2. Jangan lupa untuk mengecek dan memperbaiki kesalahan ketik

Selain mencantumkan sumber, ada hal penting lain yang harus diperhatikan saat membuat kliping dengan Microsoft Word, yaitu mengecek dan memperbaiki kesalahan ketik.

Kesalahan ketik dapat mengganggu kualitas kliping yang dibuat dan membuat pembaca sulit memahami informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek setiap kata yang telah kamu tulis dan memperbaiki kesalahan yang ditemukan.

Baca Juga:  4 Cara Mengubah Word ke Jpg via Online, Paint, Langsung, dll

Salah satu cara untuk mengecek kesalahan ketik adalah dengan menggunakan fitur Spell Check pada Microsoft Word.

3. Gunakan format dan tata letak yang jelas dan mudah dibaca

Jika kamu sedang mencari cara mudah dan praktis untuk membuat kliping, Word bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu cara untuk membuat kliping dengan Word adalah dengan membuat file baru dan menyesuaikan format dan tata letak agar mudah dibaca.

Gunakan paragraf yang singkat dan jelas, serta tambahkan bullet point jika diperlukan. Selain itu, pastikan kamu menggunakan font yang mudah dibaca dan tidak terlalu kecil.

Bisa disimpulkan, cara membuat kliping di Word merupakan metode yang mudah dan praktis untuk membuat dokumen ringkas dengan sumber referensi yang beragam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kliping di Word adalah memilih sumber referensi yang relevan, mengatur tata letak dengan baik, menambahkan gambar yang sesuai, dan juga memilih font yang mudah dibaca.

Leave a Comment