Cara Membuat Makalah di Word yang Benar dan Terstruktur

Cara membuat makalah di Word bisa menjadi suatu hal yang menantang bagi sebagian orang. Terkadang, mereka merasa kesulitan untuk membuat makalah yang terstruktur dan teratur. Namun, sebenarnya membuat makalah di Word tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Dengan beberapa tips dan trik yang tepat, kamu bisa membuat makalah dengan mudah dan terstruktur. Sebelum kamu mulai membuat makalah, pastikan kamu memiliki rencana yang jelas. Tentukan topik makalahmu, dan buatlah daftar subtopik yang akan kamu bahas.

Setelah itu, buatlah kerangka makalah yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Dalam isi makalah, urutkan subtopik secara sistematis agar mudah dipahami. Dengan begitu, makalahmu akan lebih mudah dipahami dan dinilai oleh pembaca.

Cara Membuat Makalah di Word

Cara membuat makalah di Ms Word bisa dilakukan dengan menggunakan menggunakan beberapa langkah di bawah ini. Dengan memanfaatkan cara membuat makalah di HP atau PC di bawah ini, makalah bisa selesai dengan mudah dan hasilnya sesuai.

1. Buat judul makalah di bagian atas dokumen

Buat judul makalah di bagian atas dokumen

Apa pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembuatan judul dari makalah. Pembuatan judul dari makalah ini sangat penting karena akan memperlihatkan secara keseluruhan isi dari apa yang akan ditulis.

Biasanya pembuatan judul ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak akan terlalu panjang atau terlalu pendek. Untuk melakukan pembuatan judul pada Microsoft word bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  • Pilih font yang sesuai dengan keinginan kamu dan atur ukuran font yang tepat.
  • Gunakan huruf kapital untuk setiap kata penting pada judul makalah.

2. Buat pengantar atau pendahuluan

Buat pengantar atau pendahuluan

Cara membuat makalah di Word selanjutnya adalah dengan membuat semacam pengantar atau pendahuluan terlebih dahulu. Setiap membuat makalah biasanya harus memberikan semacam latar belakang sebelum akhirnya topik itu diambil oleh seseorang.

Baca Juga:  Berbagai Cara Mudah dan Praktis Membuat Garis Bawah di Word

Biasanya proses pembuatan pendahuluan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal atau informasi di bawah ini.

  • Penelitian sebelumnya.
  • Ada masalah baru yang muncul.
  • Keinginan untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Buat bab atau bagian-bagian utama yang terdiri dari poin-poin penting

Buat bab atau bagian-bagian utama yang terdiri dari poin-poin penting

Membuat makalah seringkali menjadi tugas yang menantang bagi mahasiswa. Namun, dengan menggunakan Microsoft Word, membuat makalah bisa menjadi lebih mudah dan terorganisir. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat makalah di Word:

  • Buat bab atau bagian-bagian utama yang terdiri dari poin-poin penting. Gunakan bullet untuk membuat poin-poin penting lebih terlihat jelas.
  • Pastikan setiap poin memiliki ide utama yang jelas dan terkait dengan topik yang dibahas.
  • Buat daftar referensi atau sumber yang digunakan. Ini bisa membantu memperkuat argumen dan menunjukkan bahwa penulis telah melakukan penelitian yang cukup.

4. Tambahkan sub-bagian atau sub-topik yang lebih spesifik

Setiap bab biasanya akan memiliki pembahasan yang bervariasi. Tugas yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan beberapa sub bagian lain atau topik selanjutnya yang lebih spesifik agar bisa diinformasikan dengan akurat.

Pada tahap ini biasanya kamu sudah mulai melakukan proses penulisan makalah sesuai dengan aturan yang. Pastikan untuk melakukan penulisan dengan tepat termasuk menulis sesuai dengan kaidah atau aturan dari kampus atau sekolah.

Selanjutnya setiap bagian harus ditambahkan beberapa referensi baik dalam bentuk hyperlink atau sejenisnya. Dengan begitu, proses untuk melakukan pengecekan bisa berjalan dengan lebih mudah.

5. Sisipkan tabel, gambar, atau grafik jika dibutuhkan

Cara membuat makalah di Word adalah dengan menyisipkan tabel. Apabila dibutuhkan pastikan untuk membuat semacam tabel atau gambar. Selain itu bisa juga berupa grafik atau sejenisnya yang nantinya akan dipakai untuk menjelaskan teks secara menyeluruh.

Beberapa orang biasanya sering menggunakan ini untuk memberikan semacam visualisasi. Jadi, data-data yang nantinya diberikan bisa lebih mudah dipahami oleh semua orang.

Baca Juga:  Beberapa Cara Cepat dan Mudah Memiringkan Tulisan di Word

6. Berikan kesimpulan yang ringkas pada akhir makalah

Berikan kesimpulan yang ringkas pada akhir makalah

Usahakan untuk memberikan kesimpulan yang cukup ringkas dari makalah mulai dari awal hingga akhir. Kesimpulan ini sudah menguap berbagai hal mulai dari awal hingga akhir sehingga akan memudahkan seseorang untuk membacanya.

Terkadang beberapa orang lebih memilih untuk langsung membaca pada bagian kesimpulan. Misal karena mereka terburu-buru dan ingin mendapatkan informasi yang lebih ringkas.

7. Tambahkan daftar pustaka

Tambahkan daftar pustaka

Cara membuat makalah di word selanjutnya adalah dengan menambahkan daftar pustaka. Apabila ingin membuat daftar pustaka bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  • Pilih gaya kutipan yang akan kamu gunakan. Word memiliki beberapa gaya kutipan bawaan seperti APA, MLA, Chicago, dan lain-lain. Kamu dapat memilih gaya kutipan yang sesuai dengan disiplin ilmu dan persyaratan dosenmu.
  • Setelah itu, tambahkan sumber informasi yang kamu gunakan ke dalam daftar pustaka. Kamu dapat menambahkan sumber secara manual atau dengan menggunakan fitur “Citations & Bibliography” di Word.
  • Untuk menambahkan sumber secara manual, klik “References” di ribbon, lalu pilih “Manage Sources“. Selanjutnya, klik “New” dan isi informasi yang dibutuhkan.
  • Terakhir, buat daftar pustaka dengan memilih “Bibliography” di ribbon. Kamu dapat memilih gaya kutipan yang sudah kamu pilih sebelumnya.
  • Daftar pustaka akan secara otomatis dihasilkan oleh Word berdasarkan sumber informasi yang telah kamu tambahkan sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah membuat daftar pustaka di Word. Selalu pastikan untuk memeriksa kembali daftar pustaka sebelum menyerahkan makalah.

8. Cek tata bahasa, ejaan, dan sumber

Cek tata bahasa, ejaan, dan sumber

Ada baiknya untuk melakukan proses pengecekan pada tata bahasa atau ejaan yang nantinya digunakan. Dengan melakukan pengecekan ini maka makalah yang ditulis bisa lebih sesuai dan tidak mengalami salah ketik atau informasi.

Baca Juga:  Ketahui Cara Mengatur Margin di Word agar Tulisanmu Lebih Rapi

Tips Membuat Makalah di Word

Tips Membuat Makalah di Word

Membuat makalah ternyata tidak bisa dilakukan dengan mudah. Kamu harus memahami semua strukturnya dengan baik. Selain itu gunakan juga beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan topik makalah dengan jelas dan spesifik

Tentukan topik makalah yang jelas dan spesifik terlebih dahulu. Dengan melakukan itu, proses penulisan bisa berjalan dengan lebih mudah.

2. Buat rencana dan kerangka tulisan

Usahakan untuk membuat semacam kerangka terlebih dahulu yang bisa dipakai untuk pegangan. Jadi, proses penulisan bisa berjalan dengan lebih mudah.

3. Gunakan tata bahasa dan ejaan yang benar dan konsisten

Misalkan untuk menggunakan tata bahasa atau ejaan yang benar mulai dari awal hingga akhir. Pastikan juga untuk selalu menggunakannya secara konsisten dan tidak berubah-ubah.

4. Sertakan sumber referensi atau kutipan secara akurat dan benar

Selalu sertakan sumber referensi atau kutipan secara akurat. Ini bisa dilakukan dengan cara manual satu persatu agar tidak lupa dan akhirnya bingung harus memasukkannya yang mana.

5. Gunakan gambar atau grafik untuk memperjelas

Gunakan gambar atau grafik untuk memperjelas semua informasi. Kamu bisa membuat sendiri atau menggunakan data-data yang berasal dari Microsoft Excel.

Dengan beberapa tips dan trik yang telah disebutkan di atas, kamu bisa membuat makalah di Word dengan mudah dan terstruktur. Ingatlah untuk membuat rencana terlebih dahulu, membuat kerangka makalah, dan menggunakan fitur heading di Word.

Dengan cara membuat makalah di Word tersebut, makalahmu akan terlihat lebih profesional dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan makalahmu. Dengan semua cara di atas, kamu bisa membuat tulisan yang sempurna.

Leave a Comment