Cara membuat sertifikat di word sebenarnya mudah dilakukan untuk Anda semua. Bisa menggunakan template, membuat sendiri, atau cara-cara lainnya. Sertifikat biasanya diberikan kepada seseorang setelah menyelesaikan suatu kegiatan.
Baik itu seminar, ujian, praktek, kuliah, dan kegiatan lain yang menandakan bahwa orang tersebut telah menjadi peserta dengan baik. Sertifikat juga bisa diberikan kepada pembicara, jadi tidak hanya kepada orang yang mengikuti kegiatan.
Biasanya ada selembar bukti berupa sertifikat merupakan pertanda bahwa orang tersebut pernah mengikuti berbagai kegiatan dan bisa digunakan sebagai bukti. Apabila tidak tersedia sertifikat, mungkin orang akan bingung atau bertanya-tanya tentang kegiatan yang pernah dilakukannya.
Cara Membuat Sertifikat di Word Dengan Membuat Sendiri
Cara yang paling mudah sebenarnya membuat sendiri dan mengoperasikannya di word. Tutorial ini juga paling banyak digunakan karena bisa menyesuaikan dengan keinginan daripada menggunakan template. Untuk itulah membuat sertifikat sendiri sangat populer di beberapa kalangan.
Double klik aplikasi Microsoft Word
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Microsoft Word. Caranya adalah dengan melakukan double klik untuk bisa masuk ke dalam halaman tersebut. Klik icon berwarna biru. Apabila belum terinstal word, maka segera install terlebih dahulu sebelum digunakan.
Cek Menu Page Layout
Selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan di menu Page Layout dan pilih Orientation di sub menu Page Setup. Selanjutnya pilih Landscape untuk membuat halaman menjadi mendatar. Desain ini sangat cocok untuk membuat sertifikat, karena biasa didesain mendatar.
Kamu juga bisa melakukan desain secara portrait atau halaman tegak, hanya saja biasanya tidak lazim digunakan untuk desain sertifikat.
Klik Page Borders
Setelah mengganti layout, maka selanjutnya kamu bisa melakukan klik pada tab Design atau Page Borders dan kembali klik Borders untuk dapat membuat pigura atau hiasan pinggir dari sertifikat. Word sudah menyediakan berbagai template menarik sehingga kamu bisa menggunakannya.
Klik Tab Insert
Kamu bisa kembali ke tab Insert untuk menambahkan berbagai jenis logo, gambar, atau hal yang berhubungan dengan acara tersebut. Klik Image untuk menempatkan di posisi yang sesuai. Klik kanan pada gambar atau logo dan pilih Wrap Text klik In Front of Text.
Hal ini untuk mempermudah kamu memasukkan berbagai jenis gambar dan menggesernya di Microsoft Word.
Klik Text Box
Masih di menu Insert, kamu bisa menambahkan Text Box untuk memberikan tulisan atau teks yang berisikan kop sertifikat, nama peserta, tanggal dilaksanakannya kegiatan, hingga judul kegiatan. Buat lengkap sesuai dengan kebutuhan.
Kamu juga bisa meniru atau mencari referensi tentang hal ini sehingga tidak salah dan juga ada yang kurang saat membuatnya.
Save di Word dan Save As pdf
Langkah terakhir, setelah semuanya terdesain dengan benar adalah kamu harus menyimpan pekerjaan tersebut dengan mengklik File lalu pilih Save. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As dan isikan nama filenya berikut menyimpan dalam bentuk doc.
Selanjutnya kamu juga perlu menyimpannya dalam bentuk pdf dengan mengklik File pilih Save As. Lalu, akan muncul kotak dialog pada bagian Save As Type, pilihlah pdf. Selanjutnya klik Save dan file kamu akan tersimpan juga dalam bentuk pdf untuk siap dicetak dan tidak diubah lagi.
Cara Membuat Sertifikat di Word Dengan Menggunakan Template
Cara yang lebih mudah sebenarnya adalah dengan menggunakan template yang sudah disediakan oleh Ms Word. Kamu hanya tinggal mengganti teksnya saja tanpa perlu membuat desain dan menambahkan gambar.
Hanya saja, kekurangannya adalah kamu tidak bisa membuat desain yang sesuai dengan keinginan karena sudah tersedia template. Akan tetapi, keunggulannya kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk mendesain ulang. Sehingga, pekerjaan menjadi lebih mudah.
Simak cara berikut ini untuk memudahkan membuat sertifikat.
Double Klik Aplikasi Microsoft Word
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Microsoft Word. Caranya adalah dengan melakukan double klik untuk bisa masuk ke dalam halaman tersebut. Klik icon berwarna biru. Apabila belum terinstal word, maka segera install terlebih dahulu sebelum digunakan.
Klik File dan Pilih New Document
Selanjutnya kamu bisa mengklik file dan buat New Document untuk bisa membuat dokumen baru. Dokumen ini bertujuan untuk membuat data baru sertifikat sehingga tidak tercampur dengan data lainnya dan lebih mudah untuk melakukan editing.
Ketikkan Certificate Pada Kolom Search
Untuk versi Word yang lebih baru, maka kamu bisa mengetikkan Certificate pada kolom Search dan nanti sertifikat akan langsung muncul. Akan tetapi, untuk versi word yang lebih lama kamu bisa langsung menemukan template sertifikat dan bisa langsung melakukan klik.
Klik Template yang Sesuai Dengan Keinginan
Pilih template design yang sesuai dengan keinginan kamu dan klik Create sehingga akan langsung tampil pada halaman utama word. Ini adalah salah satu template cara membuat sertifikat di word.
Klik Kata-kata yang Ingin Diganti
Kamu sudah memiliki template atau bahan yang sudah langsung tersedia untuk langsung diganti. Jadi tidak perlu lagi menggambar shape, kamu hanya tinggal mengklik shape yang sudah ada dan menggantinya dengan yang sesuai keinginan.
Kamu juga bisa mengganti warna jika ingin membedakan dengan template yang sudah diberikan dengan menggunakan menu Format pilih Shape Fill atau Shape Outline.
● Save di Word dan Save As pdf
Langkah terakhir, setelah semuanya terdesain dengan benar adalah kamu harus menyimpan pekerjaan tersebut dengan mengklik File lalu pilih Save. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As dan isikan nama filenya berikut menyimpan dalam bentuk doc.
Selanjutnya kamu juga perlu menyimpannya dalam bentuk pdf dengan mengklik File pilih Save As. Lalu, akan muncul kotak dialog pada bagian Save As Type, pilihlah pdf. Selanjutnya klik Save dan file kamu akan tersimpan juga dalam bentuk pdf untuk siap dicetak dan tidak diubah lagi.
Cara Membuat Sertifikat di Word Menggunakan Nama yang Banyak
Mungkin kamu bingung jika mencetak sertifikat secara langsung dengan banyak nama apakah harus dibuat satu per satu atau ada cara yang lebih mudah. Caranya untuk membuat sertifikat dengan cepat adalah sebagai berikut.
- Bukalah sertifikat yang sudah dilakukan pengeditan sebelumnya
- Klik menu Mailings dan bisa langsung memilih Start Mail Merge dan pilih kembali Letters
- Kamu bisa kembali mengklik Select Recipient untuk dapat memasukkan data
- Pilih Type a new List untuk memasukkan data baru. Atau jika kamu sudah memiliki list di dalam Excel, maka bisa memilih Use an Existing List.
- Selanjutnya muncul kotak dialog baru, pilih data yang akan dimasukkan. Apabila ingin mnambah kolom maka bisa memilih Customized Columns
- Klik OK atau Enter dan masukkan list tersebut ke dalam folder baru yang dibuat
- Klik Insert Merge Field dan masukkan letak nama pada template dengan benar
- Masukkan kolom field di bagian sertifikat untuk Field Name dan juga Last Name
- Klik Preview Result untuk dapat melihat hasilnya
- Dokumen selesai, kamu bisa langsung melakukan pencetakan.
Itulah cara membuat sertifikat di word cukup sederhana dan mudah. Selamat mencoba!