3 Simak Cara Mengcopy Tabel di Word Agar Tidak Berantakan

Dalam proses mengerjakan sebuah dokumen, seringkali kita dituntut untuk menyertakan sebuah tabel yang nantinya akan berisi data-data penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengcopy tabel di word agar tidak berantakan dan tetap rapi.

Mengcopy atau menyalin tabel di word dapat dilakukan dengan beberapa cara. Hal ini tergantung pada sumber data tabel awal yang akan di copy. Data tabel dapat berasal dari satu program yaitu Microsoft Word maupun dapat juga berasal dari program yang berbeda seperti Excel atau bahkan Power Point.

Perlu diperhatikan juga jika biasanya perbedaan format tabel pada sumber awal dan setelah disalin pada Word akan terjadi sedikit perbedaan, baik perbedaan ukuran atau yang lainnya. Maka simaklah cara untuk mengcopy tabel di word dengan mudah.

Berikut Cara Mengcopy Tabel di Word

Mengcopy tabel di word singkatnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Penyalinan digunakan untuk mempersingkat waktu pengerjaan maupun agar data yang ada tidak berubah. Penyalinan tabel di word dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Mengcopy dari Word ke Word

Hal pertama mengenai cara mengcopy tabel di word adalah tabel yang sumbernya berasal dari satu program Word, atau bahkan dari satu dokumen yang sama. Penyalinan ini digunakan agar hasilnya sama persis dan juga dapat menghemat waktu pengerjaan.

Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyalin tabel dari Word ke Word.

  • Tentukan tabel yang akan kamu salin
  • Klik atau pilih tabel dengan mengarahkan kursor pada bagian pojok tabel
Klik atau pilih tabel dengan mengarahkan kursor pada bagian pojok tabel
  • Jika seluruh bagian tabel telah terblok, kemudian klik kanan
  • Cari dan pilih menu “Copy”
  • Buka halaman Word yang akan dilampirkan tabel tadi
  • Klik kanan dan pilih “Paste”
  • Atau tekan Ctrl + V secara bersamaan
  • Tabel akan tersalin pada halaman tersebut
Baca Juga:  4 Cara Group di Word, Gabungkan Gambar, Grafik & Objek Lain

Menyalin tabel dari satu dokumen sangat mudah dilakukan. Namun jika kamu ingin menambahkan atau mengubah isi dari tabel, kamu bisa segera mengisi tabel yang telah disalin dengan data baru sesuai kebutuhan.

2. Menyesuaikan Letak Tabel

Setelah kamu mengikuti cara mengcopy tabel di word sebelumnya, untuk langkah selanjutnya adalah menyesuaikan letak tabel. Penyesuaian tata letak atau posisi tabel ini digunakan agar tulisan atau dokumen yang kamu buat menjadi semakin rapi dan terlihat profesional dengan adanya tabel.

  • Klik atau pilih tabel yang akan diatur
  • Klik kanan kemudian pilih Wrap Text
Klik kanan kemudian pilih Wrap Text
  • Pilih Wrap Text sesuai kebutuhan
  • Geser atau letakkan tabel sesuai posisi yang diinginkan

Letak tabel pada Word harus balance dengan letak tulisan. Tidak boleh ada tulisan yang tertutup oleh tabel atau bahkan sebaliknya. Pemilihan Wrap Text dan ukuran menjadi yang terpenting agar tabel tetap enak dibaca dan tidak melebihi batas border pada Word.

3. Mengcopy dari Excel ke Word

Jika sumber utama dari tabel yang akan disalin, langkah-langkah mengenai cara mengcopy tabel di word akan menjadi sedikit berbeda. Perbedaan ini didasarkan atas perbedaan sumber tabel dan juga faktor-faktor yang lainnya.

Simak dan lakukan langkah-langkah berikut ini jika kamu menggunakan menu Paste Option.

  • Pilih atau blok tabel
  • Klik kanan, lalu pilih Copy atau Ctrl + C
  • Masuk ke halaman Word, klik kanan pilih Paste
Masuk ke halaman Word, klik kanan pilih Paste

Pada dasarnya cara mengcopy tabel di word adalah sama, namun perlu diketahui juga jika menu Paste yang memunculkan hasil berupa tabel yang tersalin mempunyai banyak jenis. Perhatikan berbagai pilihan atau jenis dari menu Paste di bawah ini.

· Keep Source Formatting (Alt+H+V+K)

Keep Source Formatting (Alt+H+V+K)

Sesuai dengan namanya, jika kamu memilih untuk menggunakan Paste yang ini maka hasil Salinan akan memiliki format yang sama dengan sumbernya. Jika menggunakan pilihan ini, terkadang karena perbedaan format halaman pada Excel dan Word, tabel yang disalin akan terpotong.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Undangan di Word Manual & Template Otomatis

· Use Destination Style (Alt+H+V+S)

Use Destination Style (Alt+H+V+S)

Pilihan yang satu ini memiliki hasil yang dapat meneysuaikan dengan format halaman di Word. Sehingga tampilan maupun format akan berubah dari aslinya, termasuk dengan ukuran panjang dan lebar tabel.

Link and Keep Source Formatting (Alt+H+V+F)

Jenis Paste yang satu ini akan mengubah data yang terdapat pada Excel ke dalam halaman Word. Namun jangan khawatir karena ukurannya tidak akan berubah dan tetap sama seperti tabel dari sumber awal.

Link and Use Destination Style (Alt+H+V+L)

Pilihan jenis Paste yang satu ini hampir sama dengan Use Destination Style sebelumnya, namun yang membedakan adalah tabel yang disalin akan terhubung dengan tabel pada Excel sebagai sumber awalnya. Kamu juga bisa mengubahnya pada Excel hingga nantinya hasil pada Word akan otomatis mengikuti.

· Keep Text Only

Keep Text Only

Jenis Paste ini hanya akan menyalin data berua teks atau tulisannya saja dan tabel akan otomatis dihilangkan. Kamu dapat menggunakan opsi ini jika memang tidak membutuhkan format tabel atau ingin mengubah bentuk tabel ke bentuk lainnya.

· Picture

Paste berupa tabel yang disalin akan berbentuk atau memiliki format berupa gambar, sehingga data tidak dapat diubah atau diedit karena sudah berupa gambar. Namun car aini memudahkanmu dalam menyesuaikan tabel dengan ukuran kertas yang ada.

Selain menggunakan Paste Option yang biasa, kamu juga dapat menggunakan Paste Special yang akan memudahkan cara mengcopy tabel di word dengan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, ukuran tabel yang ada pada Excel akan sama dengan yang disalin pada Word.

  • Pilih atau blok tabel pada Excel
  • Tekan Ctrl + C atau klik kanan pilih Copy
  • Buka halaman Word dan pilih menu Home
  • Klik Paste Special
Klik Paste Special
  • Bisa juga dengan shortcut Alt+H+V+S
Baca Juga:  Cara Print Word tanpa Comment Agar Hasilnya Rapi

· Paste Special

Dengan menggunakan Paste Special, tabel yang disalin pun akan terlihat lebih rapi dan presisi ukurannya lebih bagus. Tabel yang telah disalin juga akan sama dengan yang ada pada Excel.

Cara lainnya untuk mengcopy tabel dari Excel adalah dengan menggunakan AutoFit. Penggunaan AutoFit bertujuan untuk mengatasi ukuran tabel yang terlalu besar atau tidak sesuai dengan kertas di Word. Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Sorot atau blok tabel yang akan disalin
  • Klik kanan kemudian pilih “Copy”
  • Buka halaman Word, klik Paste
  • Blok semua tabel dan klik simbol panah pada kiri atas tabel
  • Pilih menu Table Tools dan layout
  • Kemudian klik AutoFit
Kemudian klik AutoFit

Cara ini dapat membuat ukuran tabel yang ada pada Excel akan menyesuaikan dengan ukuran pada lembar kerja atau halaman Word. Sehingga hasilnya pun akan sama persis dan tanpa harus terpotong.

Dengan menggunakan berbagai cara mengcopy tabel di word di atas, kamu bisa lebih mudah menyalin tabel yang sumbernya berasal dari halaman kerja yang sama maupun sebaliknya. Setela disalin, tabel pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Terdapat banyak cara untuk melakukan copy atau menyalin tabel pada Microsoft Word dengan sangat mudah. Kemudahan ini yang akan membantu pekerjaan atau dokumen menjadi lebih rapi dan terlihat profesional karena menyediakan tabel berisi data-data penting di dalamnya.

1 thought on “3 Simak Cara Mengcopy Tabel di Word Agar Tidak Berantakan”

Leave a Comment