Perlu membuat kolom untuk tanda tangan pada dokumen di Microsoft Word? Tenang, ada beberapa cara membuat kolom tanda tangan di Word yang bisa kamu pakai agar dokumen jadi rapi.
Memang, ada dokumen yang memerlukan adanya ruang khusus untuk membubuhkan tanda tangan, seperti kontrak kerja sama, lembar kontrol praktikum, dan masih banyak lainnya. Selain rapi, kolom ini memudahkan penandatangan untuk mengetahui di mana mereka harus membubuhkan bukti identitas mereka.
Tak cuma itu, Word tidak cuma bisa menyediakan ruang khusus untuk tanda tangan. Aplikasi ini juga memungkinkanmu membuat tanda tangan digital sehingga tak perlu repot-repot mencetak dokumen, menandatanganinya, lalu kembali men-scan dokumen. Praktis!
2 Cara Membuat Kolom Tanda Tangan
Sebetulnya tidak semua dokumen yang memerlukan tanda tangan harus dilengkapi dengan kolom khusus. Kamu juga pasti kerap mendapati tanda tangan pada dokumen yang tidak “dikurung” di dalam kolom.
Walau begitu, beberapa instansi atau organisasi mempunyai format khusus dengan kolom. Kalau kamu sedang membuat model dokumen seperti ini, berikut cara yang bisa kamu lakukan.
1. Menggunakan Menu Tabel
Cara membuat kolom tanda tangan di Word ini biasanya dipakai untuk keperluan tanda tangan yang banyak, seperti pada lembar kontrol praktikum. Biasanya, kolom ini juga menjadi satu dengan beberapa informasi lain, seperti nomor, nama pengawas, tanggal pelaksanaan, dan tanda tangan.
Berikut langkah-langkah untuk membuatnya:
- Pilih menu Insert.
- Pilih submenu Table.
- Masukkan jumlah baris dan kolom sesuai yang kamu butuhkan.
- Masukkan judul untuk masing-masing kolom atau baris, seperti: nomor, nama, tanggal, dan tanda tangan.
- Selesai.
Namun, kalau kamu perlu membuat kolom tanda tangan yang biasanya ada di bagian bawah dokumen dan hanya memuat nama terang pihak yang bertanda tangan, berikut langkah-langkahnya.
- Arahkan kursor di area kamu akan membuat kolom tanda tangan.
- Pilih menu Insert.
- Pilih submenu Table.
- Atur jumlah baris dan kolom sesuai kebutuhan. Jumlah baris dapat kamu pakai untuk menentukan besarnya jarak antara status atau jabatan pihak penanda tangan dan tanda tangan yang dibubuhkan, sedangkan kolom untuk menentukan jumlah orang yang akan tanda tangan.
- Lengkapi keterangan pada sel-sel yang dibutuhkan.
- Selesai.
Kalau kamu tak memerlukan kolom yang jelas, maka kamu bisa menghilangkan garis atau border di dalam tabel tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.
- Blok tabel yang sudah dibuat.
- Pada tab Home, klik ikon Border.
- Pilih opsi No Border.
- Selesai.
Oh ya, cara ini cocok jika kamu perlu membuat kolom tanda tangan yang sejajar. Walau memungkinkan, cara ini agak merepotkan dan cukup panjang untuk membuat kolom tanda tangan yang bertingkat atau tidak sejajar.
2. Menggunakan Menu Text Box
Nah, ini cara membuat kolom tanda tangan di Word yang bisa kamu tiru kalau ingin membuat model susunan tanda tangan bertingkat. Tenang saja, meski kolom yang kamu sediakan banyak, cara membuatnya cepat dan praktis, kok.
- Tempatkan kursor pada area yang akan kamu gunakan.
- Klik menu Insert.
- Pilih submenu Shapes.
- Klik ikon Text Box (ikon berupa kotak persegi dengan huruf A di bagian atas).
- Saat kursor telah berubah menjadi bentuk tambah (+), buat kotak dengan ukuran sesuai yang kamu perlukan.
- Untuk membuat beberapa kotak, aktifkan Text Box yang baru kamu buat dengan cara mengkliknya.
- Tekan CTRL+C pada keyboard.
- Tekan CTRL+V pada keyboard.
- Lakukan langkah 8 dan 9 sebanyak yang kamu perlukan untuk membuat salinan Text Box.
- Kalau sudah, susun Text Box tersebut sesuai susunan yang diperlukan.
- Isi keterangan dalam kotak sesuai kebutuhan.
- Selesai.
Sama sekali tidak repot, bukan? Cara di atas bahkan bisa selesai hanya dalam beberapa detik saja, lho.
Kalau ingin menghilangkan garis pada sisi tepi kotak, tenang saja. Kamu bisa melakukannya dengan tiga langkah sederhana berikut.
- Klik Text Box.
- Pada tab Shape Format, pilih opsi Shape Outline.
- Pilih No Outline.
Cara Menyisipkan Tanda Tangan
Setelah tahu cara membuat kolom tanda tangan di Word, sekarang saatnya untuk menyisipkan tanda tangan digital (jika diperlukan). Cara ini jadi alternatif saat kamu hanya perlu melampirkan atau mengumpulkan berkas digital yang tidak mengharuskanmu membubuhkan tanda tangan basah pada dokumen tersebut, ya.
1. Menggunakan Gambar
Cara ini memang cukup PR, tetapi kamu hanya perlu “repot” satu kali di awal dan dapat menggunakannya berkali-kali di masa mendatang.
- Buat tanda tanganmu di atas kertas putih polos, pastikan tintanya cukup tebal.
- Foto tanda tangan di atas kertas tersebut (dapat menggunakan kamera hp). Pastikan tidak buram dan gelap, ya.
- Masukkan dan simpan foto tersebut pada laptop atau komputer.
- Buka dokumen yang perlu kamu tanda tangani.
- Pilih menu Insert.
- Pilih opsi Pictures, lanjutkan dengan This Device.
- Pilih gambar tanda tangan yang sudah kamu siapkan.
- Setelah terunggah, klik Insert.
- Buat foto tersebut transparan dengan pilih menu Color.
- Klik Set Transparent Color.
- Klik area kosong pada background foto tersebut (jangan mengenai bagian yang ada goresan tanda tangan).
- Sesuaikan ukuran tanda tangan agar muat dalam space tanda tangan yang tersedia.
- Pilih In Front of Text atau Behind Text untuk mengatur posisi tanda tangan.
- Selesai.
Jika suatu saat kamu memerlukan tanda tangan yang sama, maka kamu hanya perlu mengulangi langkah nomor 4 hingga 14. Tentunya, pastikan bahwa gambar tanda tangan tersebut kamu simpan dengan aman pada laptop atau komputer yang kamu gunakan, ya.
2. Menggunakan Signature Line
Kalau ingin lebih praktis tanpa harus mengunggah apa pun, kamu bisa memanfaatkan fitur Signature Line pada Microsoft Word. Fitur ini memungkinkanmu untuk membuat tanda tangan secara langsung di komputer atau laptop.
- Buka dokumen yang akan kamu tanda tangani.
- Arahkan kursor pada area kamu akan membubuhkan tanda tangan.
- Pilih menu Insert.
- Pilih bagian Text
- Pilih Signature Line.
- Klik Microsoft Office Signature Line.
- Kamu akan diarahkan pada Signature Setup untuk melengkapi data-data yang relevan, seperti nama pihak yang akan bertanda tangan, jabatan, dan sebagainya.
- Klik OK.
- Ketikkan nama kamu pada kolom yang sudah tersedia.
Itulah beberapa cara membuat kolom tanda tangan di Word berikut cara membubuhkan tanda tangan digital secara langsung pada Word. Dengan cara ini, kamu tak perlu repot mengatur kerapian kolom tanda tangan menggunakan tab secara manual dan bolak-balik mencetak dan men-scan dokumen jika harus mengumpulkan dokumen berkas soft file.
Kamu bisa menjelajahi lebih banyak tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan Microsoft Word sehari-hari di Microsoftword.id, mulai dari informasi dasar seperti membuat garis dan tabel, mengurutkan abjad dan mengatur besar kecilnya kapital pada sebuah kalimat, hingga membuat logo sederhana, mengatasi aktivitas produk yang gagal, dan sederet lainnya..